Bingung Menggunakan Internet Satelit? Begini Caranya!

Di pusat kota-kota besar yang ada di Indonesia, DSL, kabel, atau layanan internet serat optik merupakan hal yang wajib dimiliki. Namun di luar pusat kota, ceritanya sedikit berbeda. Banyak perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi atau media internet belum bisa menjangkau atau menghubungkan tempat tinggal pedesaan ke jaringan mereka. Dalam kasus ini, internet satelit merupakan salah satu solusi yang saat ini bisa dimanfaatkan untuk menyediakan internet di perdesaan. Berikut ini kami berikan informasi seputar cara penggunaan internet yang bekerja melalui satelit ini.

Internet Satelit

Seperti namanya, peralatan yang mempunyai peran sangat penting dari internet jenis ini adalah satelit itu sendiri. Dalam kasus ini, satelit diperkirakan terletak pada 23.000 mil di atas ekuator bumi atau sekitar sepersepuluh dari perjalanan ke bulan dan memegang posisi di lokasi yang sama. Satelit akan mengirimkan sinyal ke alat yang ada di rumah Anda, lalu dipindahkan ke router yang ada di dalam rumah Anda. Kemudian, sinyal dikirim melalui alat tersebut ke stasiun Wi-Fi di suatu tempat di rumah Anda atau bisa langsung ke komputer Anda dengan melalui kabel ethernet.

 

Cara Penggunaan Internet Satelit

Cara menggunakan internet satelit di rumah sebenarnya mudah, berikut cara penggunaannya.

 

1. Pertama, Anda membutuhkan antena VSAT ataupun modem. Antena VSAT ini berguna untuk menerima sinyal internet yang dikirimkan oleh satelit. Setelah itu, karena letak satelit berada di atas khatulistiwa, maka antena VSAT perlu diarahkan ke khatulistiwa. Adapun dalam proses mengarahkan antena VSAT ini sebaiknya tidak ada halangan yang dapat mencegah Anda memperoleh koneksi optimal. Untuk itu, Anda perlu memasang VSAT pada area yang terbuka dan juga tidak terhalang oleh bangunan apapun atau pepohonan di sekitarnya. Sebagai contoh, jika di daerah Amerika Utara, mereka meletakkan antena VSAT  di ujung paling selatan atap rumah.

2. Kedua, Setelah memasang VSAT tersebut, Anda bisa menghubungkan ke internet satelit. Untuk hal itu diperlukan dukungan alat, seperti VSAT yang sudah terpasang, modem yang kompatibel dengan internet yang menggunakan satelit ini, kabel ethernet, dan sumber daya.

3.  Ketiga, Setelah semua alat pendukung tersedia, sambungkan modem pada sumber daya. Setelah itu, hubungkan ke soket listrik yang letaknya dekat dengan komputer dan kabel koaksial VSAT. Setelah selesai, hubungkan modem ke VSAT. Bergantung pada VSAT, Anda akan perlu menggunakan 1-2 kabel koaksial yang terpasang pada modem.

4. Keempat, Hubungkan modem ke komputer. Anda bisa menghubungkan satu ujung kabel ethernet ke bagian belakang modem dan masukkan ujung lain kabel ke celah ethernet komputer (jika pada laptop atau komputer tidak ada celah ethernet, maka Anda bisa menggunakan adapter untuk kabel ethernet tersebut). Setelah itu, tunggu hingga internet terhubung ke komputer. Jika VSAT telah mendapat sinyal internet dari satelit, maka Anda sudah bisa menggunakan internet satelit.

 

Itu tadi cara penggunaan internet satelit. Bagi Anda yang malas atau kesulitan dalam memasang internet satelit, maka Anda dapat menggunakan layanan internet satelit dari provider terpercaya, seperti Prima HTS. Prima HTS adalah layanan Ka-Band komersial pertama di Indonesia yang menghadirkan internet berkecepatan tinggi dengan harga yang lebih terjangkau dan dapat diakses dari lokasi mana pun di seluruh penjuru Indonesia. Prima HTS menghadirkan koneksi internet yang lebih cepat dengan harga yang lebih murah, sehingga dapat mengefisiensi biaya dan operasional bisnis Anda. Layanan Prima HTS menjangkau daerah-daerah terpencil di seluruh Indonesia dengan perangkat yang ringkas dan proses instalasi yang praktis. Prima HTS mampu mengakselerasi digitalisasi perusahaan Anda! Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui official website Prima HTS di https://primahts.primacom.com.

Primacom.com