Fungsi Internet VSAT

Internet sudah menjadi kebutuhan dari setiap orang. Hampir seluruh aktivitas saat ini membutuhkan jaringan internet, tidak hanya di kota besar saja, tetapi di kota kecil kini juga sudah tersedia jaringan internet VSAT. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan layanan VSAT? VSAT atau Very Small Aperture Terminal merupakan terminal kecil berukuran kurang dari 3 meter yg berfungsi sebagai pemancar serta penerima transmisi sinyal yang terhubung ke satelite melalui hub sentral. Lalu, apa fungsi utama dari adanya VSAT ini?

Fungsi Internet VSAT di Indonesia

VSAT berfungsi untuk menerima serta mengirimkan sinyal ke satelit, kemudian satelit memancarkan sinyal kembali ke titik stasiun bumi lain.

Awalnya sekitar tahun 1989, VSAT digunakan oleh industri perbankan untuk mengoperasikan ATM. Selain operasional sistem ATM, VSAT juga digunakan untuk mengakses operasional antara kantor cabang dengan kantor pusat. Seiring berjalannya waktu, fungsi dari layanan internet VSAT mengalami perkembangan. tidak lagi hanya bisa dimanfaatkan oleh kalangan perbankan, tapi juga dimanfaatkan untuk layanan kesehatan serta darurat kebencanaan.

Layanan kesehatan sendiri menjadi salah satu layanan yang penting bagi masyarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan keterjangkauan agar penanganan medis bisa menjadi lebih cepat, terlebih di tempat terpencil. Seperti yang kita ketahui, masih saja ada masalah jangkauan yang menjadi kendala dalam layanan kesehatan di tempat terpencil atau di daerah perbatasan. Oleh sebab itu, fungsi VSAT ini meminimalisasi kendala seperti yang seringkali dihadapi tersebut.

Selain membantu layanan medis, adanya layanan VSAT, khususnya VSAT mobile dapat memudahkan komunikasi di masa tanggap darurat, seperti saat terjadi bencana. Jika bencana terjadi, biasanya jaringan 3G atau 4G akan mengalami gangguan sehingga tidak bisa digunakan secara maksimal. Namun, berkat hadirnya internet VSAT, komunikasi bisa tetap berjalan, mengingat salah satu hal penting ketika terjadinya bencana adalah komunikasi,

Itulah fungsi utama dari adanya VSAT. Bagi Anda yang sedang mencari layanan internet VSAT Indonesia yang terpercaya, maka Anda dapat memercayakannya pada Prima HTS. Prima HTS adalah layanan Ka-Band komersial pertama di Indonesia yang menghadirkan internet berkecepatan tinggi.  Dengan harga yang lebih terjangkau dan dapat diakses dari lokasi mana pun di seluruh penjuru Indonesia. Prima HTS menghadirkan koneksi internet yang lebih cepat dengan harga yang lebih murah, sehingga dapat mengefisiensi biaya dan operasional bisnis Anda. Layanan Prima HTS menjangkau daerah-daerah terpencil di seluruh Indonesia dengan perangkat yang ringkas dan proses instalasi yang praktis. Prima HTS mampu mengakselerasi digitalisasi perusahaan Anda! Dengan PrimaHTS, Anda bisa terus menikmati layanan internet di mana saja.

Similar Posts