|

Internet Satelit dan Internet Kabel, Apa Bedanya? (Part 1)

Memiliki akses internet yang cepat saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan. Mulai dari berkomunikasi, berbelanja, membayar tagihan, memesan makanan, hingga perekrutan kerja, semua menjadi lebih efisien dengan koneksi internet. Umumnya, terdapat dua jenis layanan internet yang biasanya digunakan oleh masyarakat, yakni internet kabel dan internet satelit.

Walaupun sama-sama menghadirkan koneksi internet, ternyata ada perbedaan mendasar antara kedua layanan tersebut. Apa saja perbedaan keduanya? Berikut penjelasannya!

Teknologi yang digunakan

Sebagaimana namanya, internet satelit memanfaatkan teknologi satelit yang mengorbit di atas Bumi. Pengguna internet satelit memerlukan antena VSAT yang berfungsi untuk mengirimkan data ke penyedia layanan internet dan ke satelit di luar angkasa.

Sementara itu, internet kabel memanfaatkan jaringan kabel bawah tanah. Pengguna internet kabel membutuhkan modem yang akan mentransfer sinyal digital antara kantor operator, lokasi pengguna, dan perangkat komunikasi yang digunakan.

Cakupan

Apabila Anda tinggal di perkotaan, Anda dapat menggunakan layanan internet satelit dan layanan internet kabel. Namun, apabila Anda tinggal di perdesaan atau kawasan pinggiran, internet satelit adalah solusi yang tepat. Sebab, internet satelit tetap dapat bekerja dengan optimal sekalipun berada di lokasi terpencil yang sulit dijangkau oleh jaringan kabel. Jangkauannya yang luas merupakan keunggulan utama dari internet satelit.

Itulah dua perbedaan layanan internet satelit dan internet kabel

Bagi Anda yang tertarik menggunakan layanan internet satelit, Anda dapat menggunakan Prima HTS. Prima HTS merupakan layanan ka-band komersial pertama di Indonesia yang menghadirkan koneksi internet berkecepatan tinggi dengan harga yang lebih terjangkau.

Layanan Prima HTS dapat dinikmati dari lokasi mana pun di seluruh penjuru Indonesia. Dengan perangkat yang ringkas dan proses instalasi yang praktis, Prima HTS mampu melayani hingga ke daerah-daerah terpencil sekalipun. Prima HTS menghadirkan koneksi internet yang cepat dengan harga yang lebih murah sehingga dapat mengefisiensi biaya dan operasional bisnis Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi https://primahts.primacom.com/.

Similar Posts